PEMBUAT APLIKASI PEMERINTAH

Aplikasi penunjang kinerja Kementerian, LPNK, Pemda (Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa), BLU, BUMN, BUMD, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, Yayasan, Pesantren, Sekolah, dan Madrasah

Aplikasi SIKU (Aplikasi Sistem Informasi Keuangan) (Kementerian / Lembaga / Badan Layanan Umum)

PENGGUNA / PEMAKAI:
Biro Keuangan,
Bagian Keuangan,
Subag Keuangan.

SIKU – Aplikasi SIstem Informasi Keuangan BLU – Aplikasi Keuangan – Aplikasi BLU – Aplikasi Bendahara

Gambaran Umum
Aplikasi Keuangan adalah aplikasi dengan sistem komputerisasi online berbasis web application yang terpadu dan komprehensif, sehingga dapat di akses dimana saja dan kapan saja (localhost / intranet / maupun website / internet).

Aplikasi SIKU diciptakan berdasarkan:
=> Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
=> Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Pasal 25
=> Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan
=> Peraturan lainnya sesuai dengan di masing-masing Kementerian dan Pemerintah Daerah atau disesuaikan dengan peraturan / keputusan Instansi yang bersangkutan, sehingga sudah dapat implementasikan sesuai kebutuhan dan peraturan / keputusan / ketentuan yang berlaku.

Alasan Kegiatan Dilaksanakan
Pengadaan aplikasi ini sangat diperlukan dikarenakan:

  • Aplikasi Keuangan belum pernah dibuat;
  • Kebutuhan dokumentasi keuangan yang teratur dan tertib belum tercapai;
  • Kontrol dan evaluasi pelaksanaan anggaran tidak dapat dimonitoring;
  • Penyajian data dan laporan keuangan belum valid dan tepat waktu.

Maksud dan Tujuan
Maksud
Memperoleh sebuah aplikasi yang berguna untuk standarisasi dan pengelolaan keuangan.

Tujuan

  • Mengatasi permasalahan dan kebutuhan pengelolaan keuangan;
  • Terwujudnya dokumentasi keuangan yang teratur dan tertib tercapai;
  • Mengontrol, memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan anggaran;
  • Terwujudnya dokumentasi keuangan yang valid dan tepat waktu;
  • Terwujudnya keaslian dokumen (disertai kode barcode).

Sistem Informasi Manajemen Keuangan sangat cocok untuk satker Kementerian / Lembaga / Badan Layanan Uumum (BLU) besar maupun kecil untuk pengelolaan transaksi keuangannnya sebagai berikut:

  1. Dapat mengupload dokumen sumber anggaran (seperti RKAKL);
  2. Tercapainya kebutuhan dokumentasi keuangan yang teratur dan tertib;
  3. Termonitoringnya kontrol dan evaluasi pelaksanaan anggaran;
  4. Penyajian data dan laporan keuangan terwujud valid dan tepat waktu;
  5. Mempermudah pengelolaan keuangan (pembuatan dan pencetakan serta penyimpanan secara elektronik);
  6. Mempermudah pencarian dokumen keuangan secara elektonik;
  7. Menertibkan dokumentasi/arsip keuangan;
  8. Proses pembuatan secara elektronik dan pencetakan disertai bukti keaslian dokumen (disertai kode barcodedari Instansi/Bagian/Seksi yang membuat;
  9. Flesibilitas aplikasi yang dapat diubah/diedit sesuai kebutuhan instansi oleh admin;
  10. Meningkatkan pengetahuan bagi para karyawan khusus dalam bidang komputerisasi administrasi keuangan.

FITUR APLIKASI SIKU:

  1. Pengaturan Setup
    Segala macam bentuk pengaturan bisa disetting oleh admin sehingga diperoleh aplikasi yang bisa fleksibel
  2. Pengaturan Pengguna
    Untuk keperluan mendefinisikan/menambah, mengedit, & menghapus grup pengguna & data pengguna aplikasi. Juga untuk mengganti & reset password.
  3. Daftar Kunjungan Pengguna.
    Dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh pengguna
  4. Pendataan Master Data
    a. Penerimaan (upload data awal / revisi):
    b. Pengeluaran:
    • Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
    • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM);
    • Bayar pajak;
    • Surat Perintah Membayar (SPM);
    • Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).
  5. Jadual Kegiatan
    Kegiatan yang akan dilaksanakan selama setahun akan dapat ditampilkan, agar tidak berbentrokkan panitia, pejabat, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.
  6. Laporan:
    a. Buku Kas Umum (BKU BLU);
    b. Buku Kas Pembantu;
    c. Laporan Realisasi Anggaran riil time per unit kerja;
    1. Monitoring Penyerapan Anggaran:
      a. Per Akun;
      b. Per Kegiatan;
      c. Per tanggal transaksi;
      d. Per Bulanan;
      e. Per Triwulanan;
      f.  Per Semesteran, dan;
      h. Per Tahunan.

OUTPUT APLIKASI SIMKU BLU:
Laporan dengan berbagai format (pdf, xls, docx) dari berbagai unit kerja di satker disertai dengan QRcode khusus, dapat bentuk:

  1. Print Out Upload Pagu Anggaran;
  2. Print Out SPP, SPTJM, SPM, SP2D;
    a. Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
    b. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM);
    c. Surat Perintah Membayar (SPM);
    d. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).
  3. Print Out Laporan;
    a. Buku Kas Umum (BKU BLU);
    b. Buku Kas Pembantu (Pajak);
    c. Laporan Realisasi Anggaran riil time per unit kerja.
  4. Print Out Laporan Realisasi Anggaran riil time per unit kerja;
    a. Per Akun;
    b. Per Kegiatan;
    c. Per tanggal transaksi;
    d. Per Bulanan;
    e. Per Triwulanan;
    f. Per Semesteran, dan;
    g. Per Tahunan
  5. Seluruh keaslian dokumen (disertai kode barcode).

Keunggulan Aplikasi

User Friendly:
Design aplikasi dengan tampilan menu yang mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun;

Step by Step Building:
Aplikasi dibuat secara bertahap satu persatu, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan karyawan untuk mengoperasikan aplikasi secara bertahap juga;

Network Based:
Aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses dari komputer dimana dan kapan saja selama terkoneksi dengan jaringan komputer (bisa onlinebisa juga offline);

Multi OS
Aplikasi berbasis web dapat dijalankan di sistem operasi apa saja bahkan dapat diakses dari handphone yang mempunyai fasilitas internet;

Easy Installation & Upgrade
Aplikasi cukup diinstall di server saja sedangkan komputer lain dapat mengakses aplikasi tanpa harus diinstall di setiap komputer yang bersangkutan, dengan demikian memudahkan perawatan dan upgrade sistem;

Public Database & Easy Integration
Aplikasi menggunakan database standar Internasional yang banyak digunakan aplikasi lain sehingga memudahkanintegrasi dengan aplikasi lain atau pengembangan oleh vendor lain;

Self Building Application
Aplikasi dibuat sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga dan disertai dokumentasi yang baik, sehingga apabila ada bugs atau penambahan fitur maka dengan mudah dan cepat diselesaikan;

Documentation
Aplikasi disertai dokumentasi cara pengoperasian aplikasi;

Report Management
Pengguna dapat dengan mudah membuat laporan data surat dalam jangka waktu tertentu, baik itu untuk surat masuk maupun surat keluar. Disamping itu pengguna dapat langsung mencetaknya atau mengekspornya menjadi fileMicrosoft ExelWord dan PDF;

Authenticated
Aplikasi ini memiliki kode barcode setelah dokumen surat keluar dicetak sebagai bentuk keaslian dari Instansi/Bagian/Seksi yang mengeluarkan.

LAYOUT SIKU

PENUTUP:
Produk – produk aplikasi 
kami sudah memiliki legalisasi berupa Surat Pencatatan Ciptaan dari Ditjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM.

Apabila instansi Anda berminat dengan aplikasi ini dan atau ingin mengetahui lebih jelas mengenai aplikasi yang telah kami kembangkan dan implementasikan dapat menghubungi : 0821-2487-7579

Terima kasih
Semoga bermanfaat

LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI: 0821-2487-7579
ATAU DOWNLOAD PENAWARAN & HARGA (klik link dibawah ini)

PENAWARAN