PEMBUAT APLIKASI PEMERINTAH

Aplikasi penunjang kinerja Kementerian, LPNK, Pemda (Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa), BLU, BUMN, BUMD, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, Yayasan, Pesantren, Sekolah, dan Madrasah

SIMPel (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Terintegrasi secara elektronik)

SIMPel
APLIKASI PELATIHAN
APLIKASI DIKLAT
APLIKASI PUSDIKLAT
APLIKASI BDK
APLIKASI BPSDM
APLIKASI SDM

GAMBARAN UMUM:
Aplikasi Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel) adalah aplikasi dengan sistem komputerisasi online berbasis webapplication yang terpadu dan komprehensif, sehingga dapat di akses dimana saja dan kapan saja (localhost / intranet / maupun website / internet).

Aplikasi Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel) sudah disesuaikan dengan peraturan / keputusan Instansi yang bersangkutan, sehingga sudah dapat implementasikan sesuai kebutuhan dan peraturan / keputusan / ketentuan yang berlaku.

Latar Belakang Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel)
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam penyelenggaraan pelatihan. Selain itu juga pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pelatihan.

Pengelolaan pelatihan yang baik akan menjamin ketersediaan pengembangan SDM yang unggul.

APLIKASI TERINTEGRASI dari berbagai aplikasi pendukung pelatihan, antara lain:

  • Aplikasi AKPK (Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi)
  • Aplikasi Pelatihan – Offline
  • Aplikasi Pelatihan – Online (Pelatihan Jarak Jauh / PJJ, Learning Management System / LMS, Smart Class Digital, Massive Online Open Courses / MOOC)
  • SIKU – Aplikasi Keuangan
  • Simperjadin – Kegiatan dan Perjalanan Dinas
  • E-DUPAK Widyaiswara
  • E-Arsip – Aplikasi Arsip secara elektronik
  • TNDE – Tata Naskah Dinas Elektronik berbasis Tanda Tangan Elektronik/Digital Signature
  • E-IKM – Aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat secara elektronik
  • E-Mutu – Aplikas Pengendalian Mutu
  • E-Akreditasi Lembaga
  • E-Akreditasi Program

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel) ini dibangun berbasis web atau biasa disebut Web Based Programming.

B. MANFAAT Aplikasi
Memberikan sejumlah manfaat utama aplikasi pelatihan:

  1. Memberikan arahan yang jelas kepada seluruh pelaksana tentang komitmen terhadap pelaksanaan pelatihan;
  2. Menjamin terpenuhinya kebuktian, akuntabilitas, dan ketentuan hukum pelaksanaan pengelolaan pelatihan;
  3. Sebagai sarana mensosialisasikan budaya praktik pengelolaan pelatihan yang baik;
  4. Mendorong pelaksana mematuhi pengelolaan pelatihan sesuai prosedur;
  5. Menurunkan tingkat risiko yang berhubungan dengan pengelolaan pelatihan;
  6. Meningkatkan efisiensi proses bisnis, pemberian layanan.

C. KEUNTUNGAN Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel)
Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel) memberikan sejumlah keuntungan:

  1. Terdapatnya salinan arsip pelatihan dalam bentuk elektronik.
  2. Terjamin terekamnya informasi yang terkandung dalam lembaran arsip.
  3. Kemudahan akses terhadap arsip elektronik.
  4. Kecepatan penyajian informasi yang terekam dalam arsip elektronik.
  5. Keamanan akses arsip elektronik dari pihak yang tidak berkepentingan.
  6. Sebagai fasilitas backup arsip-arsip vital.
  7. Penghematan investasi berupa ruang kearsipan; Sebagaimana kita ketahui bersama, semakin berkembangnya sebuah arsip, maka akan memerlukan rauang penyimpanan yang semakin besar juga. Hal ini dapat diatasi atau diefisienkan dengan cara sistem penyimpanan arsip dengan pengalihan media arsip konvensional  kedalam media arsip elektronik.
  8. Penghematan investasi berupa kertas, tinta cetak (printer & fotocopy) Keunggulan utama dari sistem berbasis elektronik adalah penyebarannya yang bersifat elektronik, tidak lagi memerlukan kertas dan tinta, dan cukup dengan mengkopi pada disk atau media lainnya, walaupun pada saat tertentu kertas tetap masih dibutuhkan.
  9. Efisiensi waktu akses, Seperti telah kita ketahui bersama, metode pengarsipan konvesional akan sangat sulit menemukan sebuah arsip yang terdapat dalam ruang kearsipan, hal ini diperngaruhi oleh sistem penempatan yang berpindah-pindah, arsip sering dipinjam, dan biasanya tidak dikembalikan pada tempatnya, serta penyimpanan yang tidak terstruktur, berbeda dengan arsip elektronik, sistem penyimpanan yang terstruktur memudahkan temu kembali arsip semudah menginput kode arsip, sama halnya apabila kita melakukan pencarian sebuah dokumen di komputer.
  10. Pengematan SDM, Dalam sistem arsip konvensional tentunya banyak melibatkan petugas kearsipan untuk mengelola dan melayani kebutuhan arsip, dan hal ini belum menjamin kecepatan dan ketepatan dalam sistem pencarian arsip. Berbeda dengan arsip elektronik, tentu saja dapat dilakukan penekanan kebutuhan SDM, selain itu sistem temu kembali informasi tidak harus melibatkan SDM yang banyak, namun akses informasi  dapat dilakukan dengan cepat.
  11. Memperkecil kemungkinan kehancuran data, Dengan arsip elektronik kita akan mudah melakukan Back-up data, sehingga kita akan mempunyai cadangan terhadap arsip-arsip penting yang dimiliki. Hal ini untuk mencegah kehancuran arsip yang disebabkan oleh bencana seperti banjir dan kebakaran.

D. KEMUDAHAN Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel)
Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel)
memberikan sejumlah kemudahan:

  1. Mudah dioperasikan.
  2. Tampilan yang menarik.
  3. Fasilitas pencarian dokumen.
  4. Pencatatan lokasi fisik dokumen.
  5. Fasilitas gambar dan suara.
  6. Memiliki keakuratan dalam keamanan
  7. Laporan kondisi arsip.
  8. Terhubung dengan jaringan komputer.
  9. Cepat ditemukan dan memungkinkanpemanfaatan arsip atau dokumen tanpa meninggalkan meja kerja.
  10. Pengindeksan yang fleksibel dan mudahdi modifikasi berdasarkan proseduryang dikembangkan akan menghemat tenaga, waktu, dan biaya.
  11. Pencarian secara full-text, denganmencari file berdasarkan kata kuncimaupun nama file dan ditemukannya dalam bentuk full text dokumen.
  12. Kecil kemungkinan file akan hilang, halini disebarkan karena kita hanya dapat melihat dilayar monitor atau print-nya tanpa dapat mengubahnya.
  13. Memudahkan aksesibilitas danmenjamin akuntabilitas.
  14. Mengarsip secara digital, sehinggaresiko rusaknya dokumen kertas atau buram karena usia dapat diminimalisir karena tersimpan secara digital.
  15. Manajemen pengawasan yang lebihmudah, cepat, dan lebih accountable menuju good governance.
  16. Mudah dalam melakukan recovery data, dengan memback-up data kedalam media penyimpanan yang compatible.

E. SPESIFIKASI TEKNIS Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel):

  • Operating System : Bebas
  • Programming Lang. : PHP
  • Framework : CodeIgniter
  • Interface : Smarty
  • Database : MySQL
  • Web Server : Apache web server

F. KEBUTUHAN PERANGKAT
Untuk bisa menjalankan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel) membutuhkan :

  1. Computer Server
    Disarankan minimal RAM 8GB, minimal space harddisk 1TB, minimal processor Intel Xeon.
  2. Computer Client
    Disarankan minimal RAM 2GB, minimal space harddisk 250GB, minimal processor Pentium 4.
  3. Scanner
    Digunakan untuk menscan berkas surat.
  4. Printer
    Digunakan untuk mencetak softcopy surat dan laporan.
  5. Barcoder Reader
    Digunakan untuk membaca kode barcode (mengecek keaslian surat yang dikeluarkan).
  6. Web Server
    Disarankan menginstall satu persatu kebutuhan untuk membuat web server.
  7. Operating System
    Untuk sistem operasi server disarankan menggunakan sistem operasi Linux/Windows.

LAY OUT APLIKASI Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPel)

DOWNLOAD PENAWARAN & HARGA (klik link dibawah ini)
https://produk.rifil.id/penawaran/ atau https://rifil.co.id/penawaran/

Penawaran khusus SIMPel di e-KATALOG LKPP:
(Harga SIMPel Terintegrasi 200jt – unlimited)
https://bit.ly/eKATALOG-Aplikasi-SIMPelatihan

PENUTUP:
Produk – produk aplikasi 
kami sudah memiliki legalisasi berupa Surat Pencatatan Ciptaan dan SERTIFIKAT MEREK “RIFIL Aplikasi” dari Ditjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM.

Apabila instansi Anda berminat dengan aplikasi ini dan atau ingin mengetahui lebih jelas mengenai aplikasi yang telah kami kembangkan dan implementasikan dapat menghubungi : 0859 – 1065 -02195

Terima kasih
Semoga bermanfaat

Open chat
Terima kasih telah menghubungi Tim RIFIL:
1. RIFIL Aplikasi (https://rifil.co.id)
2. RIFIL Training (https://training.rifil.co.id)

Silahkan beri tahu, apa yang dapat kami bantu